Timnas Indonesia Butuh Marselino Ferdinan

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui Marselino Ferdinan sebagai pemain penting. Pemain KMSK Deinze itu sedang absen karena masalah cedera.
Marselino tak masuk daftar 25 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Eks Persebaya Surabaya pun melewatkan dua laga tandang Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina.

Marselino Ferdinan mendapat cedera hamstring setelah memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 6 – 12 September lalu. Kabar terbaru dari klubnya, KMSK Deinze, Marselino baru saja pulih.

Absennya Marselino disinyalir menjadi penyebab berkurangnya kekuatan lini tengah Timnas Indonesia yang kehilangan sosok kreatif. Garuda pun hanya meraih satu poin dalam dua laga tandang karena kalah 1-5 dari Irak dan ditahan imbang Filipina 1-1.

“Saya tidak bisa bilang kehadiran Marselino Ferdinan bisa mengubah performa tim ini. Tapi yang jelas Marselino Ferdinan adalah pemain penting bagi tim kami,” kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan seusai laga kontra Filipina.

“Jika Marselino Ferdinan bisa bergabung dengan kami, saya akan senang. Saya akan menjaga performa para pemain timnas Indonesia dan kembali lebih kuat,” ujarnya.

Shin Tae-yong menggunakan susunan pemain tengah yang berbeda saat timnya jumpa Irak dan Filipina. Pada laga pertama ia menurunkan Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Adam Alis.


Klok melakukan blunder saat laga kontra Irak, sementara Adam Alis tidak begitu perform. Ia pun mengubah pemain tengah di laga kontra Filipina dengan menurunkan Rachmat Irianto sebagai pengganti Klok.

Kambuaya tetap dipercaya tampil, ditambah Asnawi Mangkualam yang diberikan free-role di lini tengah namun tidak efektif. Otak-atik ini dilakukan untuk mencari formula yang tepat di tengah absennya Marselino Ferdinan.

“Yang jelas saya bisa katakan bahwa dua laga ini sulit karena pemain harus menempuh perjalanan yang jauh. Anda tahu itu bisa menjadi situasi yang sulit bagi kami,” tutur Shin Tae-yong. https://clasicccop.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*